RSS

Sifat Pelupa


Terkadang karena aktivitas yang padat dan terlalu banyak pikiran, kita bisa lupa hal-hal yang lain. Namun bila yang kita lupakan itu adalah hal yang penting yang perlu dikerjakan secepatnya, bisa berakibat fatal. Terlalu sering lupa juga tidak baik dan perlu diwaspadai, bisa jadi merupakan pertanda suatu penyakit. Mungkin beberapa anjuran dari para ahli dapat membantu Anda mengatasinya.








1. Perhatikan asupan makanan
Lupa bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak. Makanan yang berlemak dan berminyak bisa mengakibatkan penebalan pembuluh darah, sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk otak akan melambat. Bila persediaan darah di otak berkurang, maka otak tidak dapat bekerja secara optimal, dan inilah yang menyebabkan kita sering lupa. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi vitamin B dan C, atau kombinasi keduanya. Selain itu, untuk membantu mengingat perlu juga didukung dengan latihan otak untuk mengingat.
2. Berpikir positif, membuat catatan dan latihan otak
Sifat lupa juga bisa disebabkan oleh karena terlalu banyak pikiran dan terlalu fokus perhatian pada hal-hal tertentu. Bila pikiran terlalu penuh pada hal-hal negatif, maka semakin sedikit energi otak yang dialokasikan untuk menyimpan informasi. Beri waktu bagi Anda untuk menenangkan diri, kurangi kecemasan dan ketakutan, mengatur nafas, dan mencari hal-hal yang positif.
Untuk membantu Anda yang sering lupa, bisa juga dibuat catatan kecil untuk mengingatkan Anda hal-hal yang perlu Anda kerjakan. Bila perlu buatlah agenda pribadi yang berisi aktivitas yang Anda lakukan selama sehari untuk melatih otak Anda mengingat. Permainan teka-teki, sudoku, rubik, catur, dan permainan-permainan mengasah otak lainnya juga dapat melatih otak dalam berpikir.
3. Lakukan olahraga
Olahraga yang rutin baik bagi kesehatan, karena dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Setiap melakukan olahraga dianjurkan melakukannya selama 30 menit atau lebih, dan perhatikan udara di lingkungan tempat Anda berolah raga. Sebab olahraga juga membutuhkan kualitas udara yang bersih dan mengandung banyak oksigen yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan peredaran darah.
Semoga anjuran-anjuran para ahli bisa membantu Anda mengatasi sifat pelupa.


Referensi :
http://female.kompas.com/read/xml/2010/03/19/18392721/3.penyebab.utama.sifat.pelupa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment