RSS

Planet Mirip Jupiter

Ditemukan planet baru yang memiliki ukuran sebesar planet Jupiter, namun letak planet ini berada di luar tata surya kita, yang mengelilingi sebuah bintang. Planet ini diberi nama CoRoT-9b yang ditemukan oleh 60 astronom, Claire Moutou termasuk salah satunya. Sudah banyak penemuan planet di luar tata surya kita, sekitar 400 planet lebih, namun planet-planet tersebut berupa bola gas raksasa seperti Jupiter, dan suhunya sekitar 1000 derajat Celcius atau bahkan lebih, sebab letaknya dekat dengan bintang pusatnya. Sedikit berbeda dengan temuan sebelumnya, suhu permukaan planet baru ini relatif dingin antara -20 sampai 160 derajat Celcius.



Bila dibandingkan dengan Merkurius yang mengorbit selama 88 hari terhadap Matahari, planet CoRoT-9b mengorbit selama 95 hari pada gugus bintang Serpens atau Ular. Planet ini termasuk salah satu dari 70 planet luar yang transit antara bintang pusatnya dengan teleskop di Bumi, waktu transit planet ini mencapai delapan jam. Kesejajaran ini membuat cahaya bintangnya bisa menembus atmosfer planet dan tampak dari Bumi.
Dari sekian banyak temuan planet, belum ada satu pun planet yang benar-benar menyerupai Bumi, meski memang sudah ditemukan planet yang mirip dengan Bumi seperti Exoplanet yang ukurannya lebih kecil dan mirip dengan Bumi, namun Exoplanet tidak benar-benar menyerupai Bumi.
Semoga dengan penemuan-penemuan planet baru ini dapat membantu para peneliti dalam mengungkap hal-hal yang baru di luar tata surya kita.

Referensi :
http://sains.kompas.com/read/2010/03/18/12283537/Ditemukan..Planet.Serupa.Jupiter.ya
ng.Dingin
http://sains.kompas.com/read/2009/12/17/13535510/Ditemukan.Planet.Serupa.Bumi.yang
.Memiliki.Air.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment