RSS

Fenomena Tahun 2012

Film 2012 yang menceritakan tentang hari kiamat pada tahun tersebut, menimbulkan kontroversi di berbagai kalangan masyarakat. Tidak ada satu pun orang yang mengetahui tibanya hari kiamat. Lalu benarkah kiamat itu tahun 2012?







Berdasarkan prediksi sejumlah peneliti, pertengahan tahun 2013 merupakan puncak badai matahari. Badai matahari terjadi akibat aktivitas matahari (berupa medan magnet, bintik matahari, ledakan matahari, lontaran massa korona, angin surya, dan partikel energetik) yang terus meningkat. Pada tahun 2012 hingga 2015, matahari akan mencapai bintik yang sangat banyak. Bintik-bintik yang banyak tersebut dapat memicu terjadinya ledakan.
Badai matahari juga pernah terjadi pada 1 September 1959, dan diperkirakan akan terulang pada 1 September 2012. Saat itu Richard Carrington yang sedang mengamati matahari mendapati hal yang tidak biasa, cahaya terang keluar dari permukaan matahari membentuk gumpalan besar menuju bumi, dan dalam waktu 48 jam efeknya mulai terasa. Sebelum mencapai bumi, aurora terang terjadi di langit malam.
Efek dari badai matahari ini akan merusak pembangkit listrik, jaringan telekomunikasi pun akan terkena imbasnya, dan diperkirakan badai super besar kemungkinan bisa menyerang pada musim gugur, karena orientasi medan magnet bumi terhadap matahari membuat sangat berbahaya. Namun apakah manusia jaman sekarang yang hampir di seluruh aktivitas hidupnya didukung oleh listrik, sudah siap hidup tanpa listrik? Siap hidup seperti jaman sebelum ditemukannya listrik? Oleh karena itu untuk mencegahnya, perlu disediakan pembangkit listrik cadangan. Namun manusia perlu mempersiapkan diri menghadapi tahun 2012, Anda dapat menyediakan lilin sebagai penerang saat gelap.
Jika badai matahari tidak terjadi pada tahun 2012, diperkirakan pada tahun 2023 kondisi matahari akan kembali rawan, sebab para ilmuwan menghitung naik-turunnya aktivitas matahari terjadi selama tenggang waktu 11 tahun, yang jelas cepat atau lambat fenomena badai matahari akan terulang kembali.
Jadi kiamat tahun 2012 itu hanyalah isu, sesungguhnya yang akan terjadi adalah badai matahari.

Referensi :
http://sains.kompas.com/read/2010/03/09/12310750/Badai.Matahari.2013.Bukan.Akhir.Dunia
http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2009/04/26/102109/badai- mataharimengancam-bumi/http://www.harianglobal.com/index.php?option=com_content&view=article&id=5253:badai-matahari-pernahterjadi-pada-1-september-1859&catid=30:dunia&Itemid=55

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment